Bagaimana Cara Profesional Untuk Mengundurkan Diri?

Bagaimana Cara yang Lebih Professinal Untuk Mengundurkan Diri?

Resign dari sebuah perusahaan merupakan hal yang wajar terjadi, tetapi penting untuk melakukannya dengan cara yang profesional agar tidak meninggalkan kesan buruk di perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk resign dengan cara yang profesional:

  1. Sampaikan pengunduran diri secara tertulis: Sampaikan pengunduran diri Anda secara tertulis, misalnya dengan menulis surat pengunduran diri yang formil. Surat pengunduran diri harus mencakup tanggal efektif resign, alasan Anda resign, dan ucapan terima kasih kepada perusahaan atas kesempatan yang diberikan.
  2. Sampaikan pengunduran diri kepada atasan langsung: Sampaikan pengunduran diri Anda kepada atasan langsung Anda atau HRD terlebih dahulu sebelum memberitahu rekan kerja lainnya. Ini akan memberi kesempatan kepada perusahaan untuk mempersiapkan transisi dan memberikan tanggapan terhadap rencana Anda.
  3. Sampaikan pengunduran diri dengan jelas dan terbuka: Sampaikan pengunduran diri Anda dengan jelas dan terbuka, tetapi juga dengan sopan. Jelaskan dengan jelas alasan Anda resign, tetapi juga jangan membicarakan masalah-masalah yang tidak perlu atau memburuk-burukkan perusahaan tempat Anda bekerja.
  4. Tentukan tanggal efektif resign dengan bijaksana: Tentukan tanggal efektif resign dengan bijaksana, sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan juga kebutuhan Anda sendiri. Jika memungkinkan, sampaikan pengunduran diri Anda sekitar 2–4 minggu sebelum tanggal efektif resign agar perusahaan memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan transisi.
  5. Bantu dalam proses transisi: Bantu dalam proses transisi dengan memberikan informasi yang diperlukan, menyiapkan dokumen yang diperlukan, dan memberikan bantuan kepada rekan kerja yang akan menggantikan posisi Anda. Ini akan membantu memastikan bahwa proses transisi berjalan dengan lancar.

Dengan melakukan hal-hal di atas, Anda dapat mengundurkan diri dari perusahaan dengan cara yang profesional dan mempertahankan hubungan yang baik dengan perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya.

Lalu Apa Alasan yang Tepat Untuk Mengundurkan Diri?

Ada banyak alasan yang dapat menjadi alasan seseorang untuk resign dari sebuah perusahaan. Beberapa alasan yang umum terjadi adalah sebagai berikut:

  1. Pekerjaan yang tidak sesuai dengan keinginan: Seseorang dapat merasa tidak nyaman atau tidak puas dengan pekerjaan yang sedang dilakukan, misalnya karena tidak sesuai dengan minat atau kompetensi yang dimiliki.
  2. Lingkungan kerja yang tidak sesuai: Lingkungan kerja yang tidak sesuai atau tidak kondusif dapat menjadi alasan seseorang untuk resign, misalnya karena terlalu stres atau tidak adanya dukungan dari atasan atau rekan kerja.
  3. Prospek karier yang tidak menjanjikan: Seseorang dapat merasa bahwa prospek karier di perusahaan tersebut tidak menjanjikan atau tidak sesuai dengan ambisi karier yang dimiliki.
  4. Kompensasi yang tidak sesuai: Kompensasi yang tidak sesuai atau tidak adil dapat menjadi alasan seseorang untuk resign dari sebuah perusahaan.
  5. Pindah ke perusahaan lain yang lebih menguntungkan: Seseorang dapat memutuskan untuk resign dari perusahaan saat ini karena diundang untuk bergabung dengan perusahaan lain yang memberikan kesempatan kerja yang lebih menguntungkan.
  6. Alasan pribadi: Seseorang juga dapat resign karena alasan pribadi, seperti ingin pindah ke lokasi yang berbeda atau memiliki kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi oleh perusahaan tempat bekerja saat ini.

Setiap orang memiliki alasan yang berbeda-beda untuk resign dari sebuah perusahaan. Penting bagi seseorang untuk mempertimbangkan dengan hati-hati sebelum memutuskan untuk resign, terutama jika alasan yang diberikan tidak bersifat darurat atau tidak memiliki hubungan dengan pekerjaan.

Hal selanjutnya yang Anda butuhkan adalah mencari pekerjaan baru. Sudah punya akun dari Loker Headquarters?

Anda bisa membuat akun ada di sini atau pelajari lebih lanjut bagaimana kami dapat membantu Anda.

Temukan lebih banyak artikel seputar dunia kerja hanya di Loker Headquarters

Source: LokerHQ Tips

--

--

Loker Headquarter | Your favorite online job portal.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store